CONTOH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR

CONTOH PENERAPAN
PENDEKATAN
SCIENTIFIC
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR

Pendekatan ilmiah dalam
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


MENGAMATI

Melihat, Membaca, Mendengar, Mencermati, Memperhatikan tayangan, Menyimak (Tanpa dan dengan Alat)
Contoh:
Peserta didik memperhatikan tayangan /mencermati
pelafalan huruf hijaiyah

        MENANYA
Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan,
 
Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana melafalkan huruf hijaiyah berdasarkan hasil pengamatan terhadap tutor/tayangan video.
Melakukan tanya jawab tentang pelafalan huruf hijaiyah yang berkaitan dengan:
1)Bagaimana melafalkan huruf yang mudah diucapkan?
2)Bagaimana cara melafalkan huruf yang makhrajnya berdekatan?
3)   Bagaimana cara melafalkan huruf hijaiyah dengan harakatnya?
         EKSPLORASI
Berpikir kritis, Mendiskusikan, Mengeksperimen
Peserta didik melakukan kegiatan :
1.Melafalkan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
2.Melafalkan huruf hijaiyah berharakat secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
3.Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar, baik secara individu, kelompok maupun klasikal.
            MENGASOSIASI
Menghubungkan dengan materi lain, membuat rumusan
Menentukan karakteristik pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
Mengidentifikasi huruf hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar
Membuat klasifikasi pelafalan huruf-huruf hijaiyah

MENGKOMUNIKASIKAN
Mempresentasikan, Mendialogkan, Menyimpulkan
Menirukan pelafalan huruf per-huruf sesuai makhraj, secara klasikal, kelompok maupun individual
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar
Mengevaluasi demonstrasi pelafalan huruf hijaiyah
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
 

Tidak ada komentar