CONTOH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR
CONTOH PENERAPAN
PENDEKATAN SCIENTIFIC
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
Pendekatan ilmiah dalam
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
PENDEKATAN SCIENTIFIC
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
Pendekatan ilmiah dalam
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
MENGAMATI
Melihat, Membaca, Mendengar, Mencermati, Memperhatikan tayangan, Menyimak (Tanpa dan dengan
Alat)
Contoh:
Peserta didik memperhatikan tayangan /mencermati
pelafalan huruf hijaiyah
MENANYA
Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan,
Dialog
mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana melafalkan huruf hijaiyah berdasarkan
hasil pengamatan terhadap tutor/tayangan video.
Melakukan
tanya jawab tentang pelafalan huruf hijaiyah yang berkaitan dengan:
1)Bagaimana melafalkan huruf yang mudah diucapkan?
2)Bagaimana cara melafalkan huruf yang makhrajnya berdekatan?
3) Bagaimana cara melafalkan huruf hijaiyah dengan harakatnya?
EKSPLORASI
Berpikir kritis, Mendiskusikan, Mengeksperimen
Peserta
didik melakukan kegiatan :
1.Melafalkan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
2.Melafalkan huruf hijaiyah berharakat secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
3.Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar, baik secara individu, kelompok maupun klasikal.
MENGASOSIASI
Menghubungkan dengan materi lain, membuat rumusan
•Menentukan karakteristik pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
•Mengidentifikasi huruf hijaiyah dari tingkat
yang paling mudah dan sukar
•Membuat klasifikasi pelafalan huruf-huruf hijaiyah
MENGKOMUNIKASIKAN
Mempresentasikan, Mendialogkan, Menyimpulkan
•Menirukan pelafalan huruf per-huruf
sesuai makhraj, secara
klasikal, kelompok maupun individual
•Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar
•Mengevaluasi demonstrasi pelafalan huruf hijaiyah
•Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
•
Post a Comment