KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SDN PONDOK BAMBU 14
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SDN PONDOK BAMBU 14
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Pemberlakuan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan
Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan
pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah
menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan
diberikannya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu
pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35 tentang
standar nasional pendidikan. Juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang
pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaiang dengan
hasil pendidikan negara-negara maju.
Desentralisasi
pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi
daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan
pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil
keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan
kurikulum, baik dalam penyusunannya maupun pelaksanaannya di sekolah.
Kurikulum
merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini
meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah,
satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh
satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar
nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan
nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses,
kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,
pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional
pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan
kurikulum.
Pengembangan kurikulum
disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a)
belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar
untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat
secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain,
dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar
yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kewenangan
sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan
sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki
cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan
hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara
mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar
B. Visi,
Misi, dan Tujuan Sekolah
1. Visi
SDN Pondok Bambu 14
”Menjadi
sekolah terpercaya di masyarakat untuk mencerdaskan bangsa dalam rangka
mensukseskan wajib belajar”.
2. Misi
SDN Pondok Bambu 14
. Menyiapkan generasi unggul yang memiliki
potensi dibidang IMTAQ dan IPTEK.
. Membentuk sumber daya manusia yang katif,
kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
. Membangun citra sekolah sebagai mitra
terpercaya di masyarakat.
3. Tujuan
umum pendidikan SDN Pondok Bambu 14
. Siswa beriman dan bertaqwa kepadaTuhan Yang
Maha Esa dan berakhlak mulia.
. Siswa sehat jasmani dan rohani.
. Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan,
kemampuan, dan ketrampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi.
. Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat, dan
kebudayaannya.
. Siswa kreatif, terampil, dan bekerja untuk
dapat mengembangkan diri secara terus menerus.
C. Pengertian
1. Kurikulum
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP adalah kurikulum
operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan,
dan silabus.
3. Silabus
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu,
dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi
dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Contoh silabus terdapat pada lampiran
4. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses
pembelajaran meliputi silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan
pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian
hasil belajar. Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran SDN Pondok Bambu 14
terdapat pada Lampiran
II. STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan
mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan
dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima
kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
kewarganegaraan dan kepribadian; ilmu
pengetahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.
Struktur
kurikulum SDN Pondok Bambu 14 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh
dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan
kelas VI.
Struktur
kurikulum SDN Pondok Bambu 14 disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan
dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a.
Kurikulum SDN Pondok Bambu 14
memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
b.
Substansi mata pelajaran IPA dan
IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”
c.
Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan
melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui
pendekatan mata pelajaran.
d.
Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
e.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua
semester) adalah 36 minggu.
STRUKTUR KURIKULUM SDN PONDOK BAMBU 14
Komponen
|
Kelas dan Alokasi
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV, V, DAN VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|
|
||
1. Pendidikan Agama
|
3
|
|||
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
|||
3. Bahasa Indonesia
|
5
|
|||
4. Matematika
|
5
|
|||
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
|||
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
|||
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
|
4
|
|||
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
4
|
|||
B. Muatan Lokal
|
|
|||
1. Kesenian Jakarta
|
1
|
|||
2. PLKJ
|
1
|
|||
3. Bahasa Inggris
|
2
|
|||
C. Pengembangan Diri
|
|
|||
1. Pramuka
|
1
|
|||
2. Komputer
|
1
|
|||
Jumlah
|
30
|
31
|
32
|
36
|
B. Muatan Kurikulum di SDN Pondok Bambu 14
Muatan
kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 3 muatan lokal, dan 2 pengembangan diri.
1. Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran di SDN Pondok Bambu 14 terdiri dari
8 mata pelajaran yaitu :
1.
Pendidikan Agama
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
3.
Bahasa Indonesia
4.
Matematika
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
7.
Seni Budaya dan Ketrampilan
8.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2. Muatan Lokal
Muatan Lokal
di SDN Pondok Bambu 14 terdiri atas:
1.
Kesenian Jakarta
2.
Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta (PLKJ)
3.
Bahasa Inggris
3.
Pengembangan Diri
Pengembangan
diri di SDN Pondok Bambu 14 terdiri atas :
1.
Pramuka
2.
Komputer
4.
Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan
Beban Belajar di SDN 14 Pondok Bambu sebagai berikut :
BEBAN BELAJAR
SDN PONDOK BAMBU 14
SATUAN
PENDIDIKAN
|
KELAS
|
SATU
JAM
PEMBELAJARAN TATAP MUKA
(MENIT)
|
JUMLAH
JAM PEMBEL PER MINGGU
|
MINGGU
EFEKTIF PER TAHUN PELAJARAN
|
WAKTU
PEMBELAJARAN PER TAHUN
|
JUMLAH
JAM
PER
TAHUN
(@ 60 MENIT)
|
SD
|
I
s/d III
|
35
|
Kelas :
I. 30
II. 31
III. 32
|
36
|
Kelas :
I. 1050
II. 1085
III. 1120
jam pembelajaran
Kelas :
I. 37.800 menit
II. 39.060 menit
III. 40.320 menit
|
Kelas :
I. 630
II. 651
III. 672
|
|
IV
s/d VI
|
35
|
36
|
36
|
1260
jam
pembelajaran
(45360
menit)
|
756
|
5. Ketuntasan
Belajar
Ketuntasan belajar setiap
indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara
0-100%.
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDM PONDOK BAMBU 14
TAHUN PELAJARAN 2006 – 2007
NO
|
KOMPONEN
|
KETUNTASAN BELAJAR
|
A.
B.
C.
|
Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan kewarganegaraan dan
kepribadian
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Seni Budaya dan ketrampilan
8. Pendidikan jasmani olah raga dan
kesehatan
Muatan Lokal
1. Kesenian Jakarta
2. Pendidikan Lingkungan Kesehatan Jakarta
3. Bahasa Inggris
Pengembangan
Diri
1. Pramuka
2. Olah raga
· Sepak Bola
· Bulu Tangkis
|
65 %
70 %
65 %
60 %
60 %
65 %
65 %
70 %
65 %
70 %
60 %
B
B
B
|
6. Kenaikan
Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur
oleh masing-masing direktorat teknis terkait.
a. Kriteria kenaikan kelas
. Nilai rapor diambil dari nilai
pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR, nilai tes tengah semester dan nilai tes akhir semester dijumlahkan
untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang
sesuai dengan standart ketuntasan belajar (SKB) di SDN Pondok Bambu 14 Pagi.
. Memiliki rapor di kelasnya
masing-masing.
b. Penentuan kenaikan kelas
. Penentuan siswa yang naik kelas
dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan guru dengan mempertimbangkan
SKB, sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
. Siswa yang dinyatakan naik kelas,
rapornya dituliskan naik ke kelas ...
. Siswa yang tidak naik kelas harus
mengulang di kelasnya.
7. Kelulusan
Sesuai dengan
ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari
satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. Memperoleh nilai minimal baik
pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama
dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata
pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan
kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan teknologi; dan
d. Lulus Ujian Nasional
8. Penentuan
kelulusan
a. Kriteria kelulusan
Hasil
ujian dituangkan kedalam blangko daftar nilai ujian hasil ujian dimanfaatkan
sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria
sebagai berikut :
. Memilih
rapor kelas VI.
. Telah
mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang
diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00
b. Penentuan kelulusan
. Penentuan
siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan
mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/prilaku/ budi pekerti
siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
. Siswa
yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas
VI Sekolah Dasar.
. Siswa
yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.
9. Pendidikan
Kecakapan Hidup
Pendidikan kecapatan hidup di SDN
Pondok Bambu 14 adalah komputer
PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER
SDN PONDOK BAMBU 14
KELAS
|
MATERI
|
I.
II.
III.
IV.
V.
VI.
|
1. Pengenalan bagian-bagian komputer
2. Games
1. Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang
benar.
2. Games
1. Mengetik huruf dan angka
2. Games
1. Mengetik surat pertamaku
2. Games
1. Membuat dan mengetik surat.
2. Membuat kolom/tabel jadwal mata pelajaran
1. Membuat surat
2. Menghitung
3. Pengenalan internet
|
10. Pendidikan
Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Ketrampilan lokal
dan global di SDN Pondok Bambu 14 adalah membuat kerajinan dari kayu.
PROGRAM KETRAMPILAN LOKAL DAN GLOBAL SDN PONDOK
BAMBU 14
KELAS
|
MATERI
|
I
|
·
Memperkenalkan
bahan-bahan yang digunakan untuk menghaluskan kayu
·
Mengamplas kayu
·
|
II
|
·
Mengamplas kayu
·
Memplitur dengan bahan jadi
·
|
III
|
·
Mendempul kayu yang berlubang
·
Mengamplas kayu
·
Memplitur dengan bahan jadi
·
|
IV
|
·
Mendempul kayu yang berlubang
·
Mengamplas kayu
·
Memplitur dengan bahan jadi
·
|
V
|
·
Membentuk kayu menjadi benda seperti sendok
nasi, sodet (sendok pipih yang dipakai untuk mengaduk gorengan
·
Mendempul kayu
·
Mengamplas kayu
·
Memplitur dengan bahan jadi
·
|
VI
|
·
Membentuk kayu menjadi benda seperti sendok
nasi, sodet, dan hiasan dinding
·
Mendempul kayu
·
Mengamplas kayu
·
Memplitur dengan bahan jadi
·
Mengemas
hasil karya dari bahan kayu
|
III. KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender
pendidikan mencakup permulaan tahun
ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN
PELAJARAN 2006/2007
|
|||||||||
|
SEMESTER
|
|
JUMLAH
|
KEGIATAN
|
|||||
BULAN
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
HARI
|
||
Juli
|
S E
M E S
T E R
I
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13
|
• 17 Juli awal belajar semester I
|
• 17, 18, 19 Juli awal belajar semester I
|
|||||||||
|
|||||||||
Agustus
|
3
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
25
|
• 17
Agustus HUT Kemerdekaan RI
|
|
• 21
Isra' mi'raj Nabi Muhamad saw
|
|||||||||
|
|||||||||
September
|
3
|
3
|
3
|
4
|
5
|
5
|
23
|
•
25, 26, 27 libur awal ramadhan
|
|
|
|||||||||
Oktober
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14
|
•
17, 18, 19, 20, 21, 22, 23 libur menjelang Idul Fitri
|
|
•
24, 25 Hari raya Idul Fitri
|
|||||||||
•
26, 27, 28, 29, 30 Perkiraan libur setelah Idul Fitri
|
|||||||||
|
|||||||||
Nopember
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
4
|
26
|
• -
|
|
|
|||||||||
Desember
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
18
|
•
18, 19, 20, 21, 22, 23 ulangan umum semester
|
|
• 25
hari Raya Natal
|
|||||||||
• 31
Idul Adha 1427 H
• 28
Pentas Seni
• 30
Pembagian rapor semester 1
|
|||||||||
|
|||||||||
Januari
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
1
|
12
|
• 1
Tahun Baru 2007
|
|
• 2
- 15 Libur Semester I
|
|||||||||
• 16
Hari Pertama Semester II
|
|||||||||
• 20
1 Muharam 1428 H
|
|||||||||
|
|||||||||
JUMLAH
|
103
|
|
|
SEMESTER
|
|
JUMLAH
|
KEGIATAN
|
|||||||||||||
BULAN
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
HARI
|
||||||||||
Januari
|
S E M
E S T E R
II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|||||||||||||||||
Pebruari
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
|
|||||||||
|
|||||||||||||||||
Maret
|
3
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
25
|
• 19
Hari Raya Nyepi
|
|||||||||
• 31
Maulid Nabi Muhamad saw
|
|||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
April
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
24
|
•
6 Wafat Yesus Kristus
|
|||||||||
|
|||||||||||||||||
Mei
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
20
|
• 7 12 Ulangan umum SD/SDLB kelas VI
|
|||||||||
• 17
Kenaikan Yesus Kristus
|
|||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Juni
|
4
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
6
|
• 1
Hari Raya Waisak
|
|||||||||
•
789 UAS SD
|
|||||||||||||||||
• 19, 20, 21, 23 Ulangan Umum Semester II
|
|||||||||||||||||
• 30 Pembagian rapor semester 2
• 31 Kegiatan pramuka kelas I s/d V
|
|||||||||||||||||
Juli
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
• 2
- 14 Libur Semester
|
|||||||||
• 16 - 18 Hari pertama masuk sekolah/MDS
2007-2008
|
|||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
JUMLAH
|
109
|
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Keterangan
- Jumlah jam
belajar pertahun = 36 minggu
- Setiap hari
Jumat
-
Ceramah Agama
-
Membaca ayat suci Al-quran
- English
day
|
Jakarta, Juli 2006
Kepala
SDN Pondok Bambu 14
Dra. Dwi Tyas Utami
NIP.131 463 770
|
||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
LAMPIRAN
SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
1. SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
1.Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang
korps
|
1. Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan
yang didengar.
2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis
penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
|
1. Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan
yang didengar.
2.
Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol
daerah/lambang korps
|
Denah
|
2. Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah petunjuk penggunaan
suatu alat
|
1. Mendeskripsi-kan tempat sesuai dengan denah
atau gambar dengan kalimat yang runtut
2. Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
Berbicara :
·
Menjelaskan
tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat runtut.
·
Membaca
petunjuk penggunaan alat-alat dan sejenisnya
·
Menjelaskan
secara rinci petunjuk penggunaan alat-alat, dan sejenisnya disertai peragaan
dengan bahasa yang komunikatif
·
Menceritakan
kembali tentang penggunaan alat-alat
·
Membuat
percakapan tentang kegunaan alat-alat
|
·
Petunjuk
penggunaan obat, alat dan sejenisnya
|
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, kata dalam
kamus/ensklopedi
|
1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.
2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang
dibaca.
3. Menemukan makna dan informasi secara tepat
dalam kamus/ensklopedia melalui membaca memindai
|
Membaca :
·
Membaca
beragam teks dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat
dipahami oleh orang lain
·
Menjelaskan
urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi petunjuk
·
Menyampaikan
isi petunjuk kepada teman.
·
Menjelaskan
isi teks dengan runtut.
·
Mengidentifikasi
kata sulit dalam bacaan.
·
Membuat
kamus sesuai dengan langkah-langlah yang tepat untuk mencari arti kata.
·
Membuat
kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit
·
Menggunakan
tanda baca (, . ? !)
·
Membaca
pantun
·
Menyempurnakan
pantun
·
Membuat
pantun
|
·
Kamus
atau Ensklopedia
·
Teks
petunjuk pemakaian (misalnya pemakaian obat, pupuk, alat rumah tangga)
|
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam
bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
|
1. Melengkapi percakapan yang belum selesai
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik).
2. Menulis petunjuk untuk melkukan sesuatu
atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.
3. Melengkapi bagian cerita yang hilang
(rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita
yang padu.
4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang
pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
|
Menulis :
·
Menentukan
isi percakapan
·
Melanjutkan
percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya.
·
Menulis
petunjuk penggunaan alat atau cara membuat sesuatu.
·
Menggunakan
tanda baca yang tepat
·
Mengisi formulir, slip penyetoran atau pengambilan uang di bank
·
Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang
sehingga cerita itu menjadi utuh.
·
Mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu
·
Menentukan
kalimat utama dalam paragraf
·
Menentukan
topik/tema cerita
·
Menulis
surat tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar
serta menggunakan EYD yang tepat (huruf besar, titik, koma dll)
|
·
Teks
percakapan yang belum selesai.
·
Petunjuk
pemakaian/penggunaan
·
Cerita
yang belum selesai (cerita rumpang)
·
Cerita
pengalaman
·
Tanda
baca
·
EYD
·
Kalimat
pembuka isi dan penutup surat
|
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps.
Kompetensi Dasar :
1.1.
Membuat
gambar denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
1.2.
Menjelaskan
kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah / lambang
korps.
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Denah
|
·
Menyimak denah
·
Mendengarkan dan membaca petunjuk denah
· Menulis isi petunjuk yang disampaikan
guru
|
·
Menyimak penjelasan tentang petunjuk
·
Mencatat isi petunjuk yang didengarnya
|
·
Tes Tertulis :
Menuliskan letak suatu tempat sesuai dengan
petunjuk.
|
4 x 35’
|
Gambar denah sekolah
|
·
Membuat sketsa petunjuk
·
Membuat denah rumah sampai ke sekolah
|
·
Menjelaskan kembali isi petunjuk untuk
mengecek kebenaran
·
Mengikuti
petunjuk untuk menemukan suatu tempat
|
·
Tes Tertulis :
Membuat denah
rumah ke sekolah
·
Tes Perbuatan :
Berjalan ke suatu tempat berdasarkan
petunjuk
|
6 x 35’
|
Gambar denah
sekolah ke kelura-han
|
2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA
INDONESIA
Mata Pelajaran
Kelas /
Semester
Aspek
Standar Kompetensi
Waktu
|
: Bahasa Indonesia
: IV / I
: Mendengar
: 1. Mendengar penjelasan tentang petunjuk
denah
dan simbol daerah /lambang korps
: 4 x 35”
|
I.
KOMPETENSI
DASAR
Membuat gambar denah berdasarkan penjelasan yang didengarkan.
II.
INDIKATOR
·
Menyimak
penjelasan tentang petunjuk
·
Mencatat
isi petunjuk yang didengarnya
III.
MATERI
POKOK
Denah
IV.
URAIAN
MATERI
a.
Mendengar
petunjuk arah yang dibacakan guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
U
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
B
|
|
|
T
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
GOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Jl.Balai Rakyat
|
|
|
|
|
GOR
|
|||||||||||||
|
|
Jl. Pahlawan Revulusi
|
|
|
|
|
|
Jl.BalaiRakyat III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
BCA
|
|
|
|
|
Hall
|
|
SDN Pondok Bambu 15
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
|
Bulu tangkis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
SDN Pondok Bambu 14
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
Komplek Dinas Kebersihan
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Lestari siswa SDN Pondok Bambu 14 setelah pulang sekolah ke BCA menabung
uangnya. Lestari bersepeda dari SDN Pondok Bambu 14 menuju arah utara, tiba
dipertigaan Jl. Balai Rakyat III Lestari belok kekiri ke Jl. Bali Rakyat,
sampai pertigaan Jl. Balai Rakyat ia belok ke kiri. Tibalah ia di BCA
Jl.Pahlawan Revolusi.
b. Mencatat
petunjuk yang dibacakan guru.
V.
PENGALAMAN
BELAJAR (STRATEGI PEMBELAJARAN)
a. Apresiasi
1.
Menyanyi
lagu arah mata angin
2.
Tanya
jawab jalan yang dilakukan ketika siswa pergi ke sekolah
b. Kegiatan inti
1.
Menyimak
denah
2.
Mendengar
dan membaca petunjuk denah
3.
Menulis
isi petunjuk yang didengar
VI.
PENUTUP
(TINDAK LANJUT)
·
Kesimpulan
·
Latihan
·
PR
VII.
METODA
/ SUMBER BELAJAR
a.
Metode
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Tanya
jawab
4.
Diskusi
5.
Inkuini
b. Sumber Belajar
1. Gambar denah
sekolah
2. Buku bahasa
Indonesia Kelas IV
VIII.
PENILAIAN
a.
Lisan
1.
Terletak
di jalan apakah rumahmu?
2.
Sebutkan
nama jalan yang kamu lalui ketika berangkat sekolah!
3.
Menuju
ke arah manakah dari rumahmu ke sekolah?
4.
Terletak
di jalan apakah sekolahmu?
5.
Menghadap
ke arah manakah sekolahmu?
b. Tertulis
Buatlah gambar denah dari rumahmu ke sekolah dengan benar!
c.
Skor
penilaian
Ketepatan arah 40
Ketepatan letak 40
Kerapian 20 +
100
Mengetahui Jakarta, Juli 2006
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
SDN Pondok Bambu 14
Dra. Dwi Tyas Utami
Dra. Eko
Lestariyani MPd
NIP. 131 463 770 NIP.
131 438 274
3. SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS IV SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
Mahluk Hidup dan proses kehidupan
1. Memahami hubungan
antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaanya
|
·
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
·
Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
·
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya
·
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indra
|
·
Menjelaskan
kegunaan rangka
·
Mempraktekan
sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka, misalnya cara duduk, cara
berdiri dan cara tidur.
·
Mencari
penyakit yang berhubungan dengan rangka
·
Mengidentifikasikan
panca indra manusia berdasarkan pengamatan.
·
Menjelaskan
kegunaan panca indra (Mata, telinga, hidung, lidah kulit).
·
Mencari
informasi tentang kelainan panca indra yang sebabkan oleh kebiasaan buruk,
misalnya membaca ditempat yang kurang terang.
·
Memberi
contoh car merawat panca indra (Mata, telinga, hidung, lidah kulit).
|
Struktur organ tubuh manusia
|
2. Memahami hubungan
antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
|
·
Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
·
Menjelaskan
hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
·
Menjelaskan
hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
·
Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
·
Mengidentifikasi
bagian tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
·
Membandingkan
bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, bunga dan daun
|
Struktur bagian tumbuhan
|
3.
Menggolong-kan hewan, berdasarkan jenis makananya
|
·
Mengidentifikasikan
jenis makanan hewan
·
Menggolong-kan
hewan berdasarkan jenis makananya
|
·
Mengidentifikasi
jenis makanan hewan
·
Menggolongkan
hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging
(carnivora), dan pemakan segala (Omnivora).
|
Jenis makanan hewan
|
4. Memahami daur
hidup beragam jenis makhluk hidup
|
·
Mendeskripsi-kan
daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, kucing
·
Menunjukan
kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
|
·
Mendeskripsikan
urutan daur hidup kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
·
Menyimpulkan
berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara
yang sama.
·
Menyimpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukan adanya pertumbuhan
|
Daur hidup hewan dan cara memelihara hewan
|
5. Memahami
hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkunganya
|
·
Mengidentifikasikan
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan ”makan dan dimakan”
antara makhluk hidup (rantai makanan)
·
Mendeskripsikan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkunganya.
|
·
Mengidentifikasi
hubungan khas antar mahlukh hidup (simbiosis), misalnya kupu-kupu, lebah,
bunga, tumbuhan parasit dan benalu.
·
Mengkomunikasikan
manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan makhluk hidup.
·
Mengamati
bentuk-bentuk salaing ketergantungan antar hewan dan tumbuhan yang terdekat
dilingkungan, misalnya cacing memakan daun-daun busuk dan berguna bagi
kesuburan tanah.
·
Menggambarkan
hubungan makanan dan dimakan antar makhluk hudup melalui rantai makanan
·
Memprediksi
kemungkinan yang akan terjadi jika lingkungan berubah, misalnya sebagai
akibat dari penebangan hutan secara sembarangan
|
·
|
Benda dan sifatnya
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud
benda berdasarkan sifatnya
|
·
Mengidentifikasi
wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
·
Mendeskripsikan
terjadinya perubahan wujud cairàpadatàcair,caiàgasàcair, padatàgasà
·
Menjelaskan
hubungan antara sifat bahan dengan kegunaanya
|
·
Mengidentifikasikan
sifat benda padat, cair dan gas.
·
Mengelompokan
benda-benda berdasarkan wujudnya.
·
Mengidentifikasikan
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
·
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda
·
Memberi
contoh perubahan wujud benda
·
Menghidentifikasi
kesesuaian sifat bahan dengan kegunaanya, misalnya plastik untuk membuat
payung.
·
Membandingkan
berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu
·
Membandingkan
bahan tertentu sesuai sifat dan kegunaanya, misalnya penyerapan air pada
berbagai jenis kertas.
·
Membuat
daftar berbagai bahan kemasan suatu produk makanan yang dikaitkan dengan
sifatnya, misalnya pembungkus permen coklat dari alumunium foil.
·
Membuat
daftar berbagai alat rumah tangga yang dihubungkan dengan sifat bahan dan
kegunaanya.
|
·
|
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/Satu
Standar
Kompetensi : Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2. Menerapkan cara memelihara kesehatan
kerangka tubuh.
Alokasi waktu : 4
x 35 menit
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Struktur tubuh manusia
|
·
Mengamati tulang-tulang yang ada didalam tubuh
masing-masing dengan cara memukul dengan jari kebagian anggota tubuh yang
keras
·
Melaporkan hasil pengamatan dan membuat
kesimpulan
· Mengamati dan membandingkan rangka
manusia akan rangka hewan dengan menggunakan gambar
· Mengamati fungsi rangka manusia dan
bagian-bagianya dengan alat peraga atau gambar
· Membuat kesimpulan
|
· Menjelaskan
kegunaan rangka
· Membandingkan fungsi rangka manusia dan
rangka hewan
· Memprakte-kan sikap tubuh yang baik
untuk menjaga bentuk rangka misalnya cara duduk, cara berdiri dan cara tidur.
· Mencari informasi tentang penyakit yang
berkaitan dengan rangka
|
·
Lembar pengama-tan
·
Performan-ce test
·
Test tertulis
|
4
x 35’
|
·
Kurikulum KTSP
·
Buku IPA kelas IV
·
Rangka manu-sia
·
Gam-bar rangka manu-sia
·
|
·
Membuat sketsa petunjuk
·
Membuat
denah rumah sampai ke sekolah
|
·
Menjelaskan
kembali isi petunjuk untuk mengecek kebenaran
·
Mengikuti
petunjuk untuk menemukan suatu tempat
|
·
Tes Tertulis :
Membuat denah
rumah ke sekolah
·
Tes Perbuatan :
Berjalan ke suatu tempat berdasarkan
petunjuk
|
6
x 35’
|
Gambar denah sekolah ke kelurahan
|
4. RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM SDN PONDOK BAMBU 14
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Aspek
Standar
Kompetensi
Waktu
|
: Ilmu
Pengetahuan Alam
: IV / Satu
: Rangka Manusia, fungsi dan pemeliharaanya
: Makhluk Hidup
dan Proses Kehidupan
:
|
I.
KOMPETENSI DASAR
1.
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatanya.
2.
Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
II.
INDIKATOR
·
Menjelaskan kegunaan rangka
·
Membandingkan
fungsi rangka manusia dan rangka hewan
·
Mempraktekan
sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka misalnya cara duduk, cara
berdiri dan cara tidur.
·
Mencari
informasi tentang penyakit yang berkaitan denganm rangka.
III.
MATERI POKOK
Rangka manusia
IV.
URAIAN MATERI
1.
Kegunaan rangka
2.
Membandingkan fungsi kerangka tubuh manusia dan
kerangka tubuh hewan
3.
Sikap tubuh yang baik
4.
Beberapa
penyakit yang berkaitan dengan rangka
V. PENGALAMAN
BELAJAR
A. Kegiatan awal (persepsi)
Siswa mengamati
tulang-tulang yang ada di dalam tubuhnya masing-masing dengan cara memukul
dengan jari ke bagian anggota tubuh yang keras.
B. Kegiatan inti
1.
Siswa
mengamati dan membandingkan rangka manusia dan rangka hewan, dengan menggunakan
gambar.
2. Siswa
menyebutkan fungsi rangka.
3.
Guru
menjelaskan rangka manusia dan bagian-bagianya dengan alat peraga atau gambar.
4.
Dengan
bantuan gambar rangka manusia siswa mengamati bentuk tulang dan menunjukan
contohnya.
5.
Siswa
mencari informasi tentang zat penyusun tulang.
6.
Siswa
mengamati sendi dan macam-macam persendian.
7.
Siswa
mengamati gangguan pertumbuhan yang dipengaruhi oleh sikap duduk yang tidak
benar.
8.
Siswa
mengamati rangka hewan dan membandingkanya dengan rangka manusia.
9.
Siswa
mengamati bentuk rangka hewan yang ditiru oleh manusia seperti pondasi cakar
ayam, pesawat terbang dan kapal selam.
VI. PENUTUP (TINDAK LANJUT)
Siswa membuat kesimpulan tentang rangka manusia, fungsi rangka dan cara
memulihkan kesehatan rangka.
VII.METODE/SUMBER BELAJAR
A. Metode
1.
Informasi
2.
Tanya
jawab
3.
Demonstrasi
4.
Diskusi
5.
Inkuiri
(penemuan)
B. Sumber
belajar
1.
Kurikulum
2006
2.
Buku
IPA kelas IV
3.
Rangka
manusia
VIII. PENILAIAIAN
A. penilaian
produk
1.
Siswa
mengamati rangka manusia dan hewan, apakah hewan tersebut dibawah ini memiliki
tulang kepala, tulang badan dan tulang anggota gerak.
2.
Siswa
mengisi kolom yang kosong dengan membubuhkan tanda þ
NO
|
NAMA HEWAN
|
MEMILIKI
TULANG KEPALA
|
MEMILIKI
TULANG BADAN
|
MEMILIKI
TULANG ANGGOTA GERAK
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Manusia
Kucing
Katak
Kambing
Ikan
Burung
Belalang
Ayam
Laba-laba
Cicak
|
|
|
|
2.
Menjawab
pertanyaan
1.
Di
hewan yang tertulis pada tabel ada yang tidak memiliki tulang kepala ?
2.
Adakah
hewan yang tertulis pada tabel adayang tidak mempunyai tulang badan ?
3.
Adakah
hewan yang tertulis pada tabel yang tidak mempunyai tulang anggota gerak ?
Buatkan kesimpulan
Prersentase penilaian
· Ketepatan dan kelengkapan pada pengisisan
kolom
· Ketepatan menjawab pertanyaan
· Ketepatan membuat kesimpulan +
Jumlah
I.
Berilah
tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, atau d didepan jawaban yang
paling benar !
1.
Rangka
yang berguna melindungi otak adalah ...
a. tulang tengkorak c.
tulang pinggul
b. tulang dada d.
tulang rusuk
2.
Paru-paru
dan jantung dilindungi oleh ...
a. tulang rusuk dan rahang c. tulang dada dan
selangka
b. tulang pinggang dan punggung d.
tulang rusuk dan dada
3.
Persambungan
tulang yang tidak dapat digerakan terdapat pada ...
a. tulang leher c.
tulang lengan
b. tulang kepala d.
tulang paha
4.
Di
bawah ini adalah fungsi rangka, kecuali ...
a. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting
b. tempat melekatnya otot dan daging
c. membentuk tubuh
d. membentuk daging
5.
Berikut
ini yang dinamakan tulang angota gerak adalah ...
a. tungkai dan lengan
b. tungkai dan tulang belakang
c. lengan dan leher
d. kepala dan tungkai
6.
Menurut bentuknya, tulang dapat dibedakan seperti dibawah ini, kecuali
...
a. tulang pendek c.
tulang pipih
b. tulang panjang d.
tulang pipa
7.
Hubungan
dua tulang yang dapat digerakan kesegala arah disebut sendi ...
a. peluru c.
engsel
b. putar d.
pelana
8.
Rangka
hewan yang ditiru manusia karena kekuatanya menyangga beban berat adalah ...
a. kaki gajah c.
kaki ayam
b. kaki kuda d.
kaki cicak
9.
Dibawah
ini kelompok hewan yang termasuk hewan berkerangka dalam adalah ...
a. laba-laba, kepiting udang
b. kepiting, siput, ikan
c. burung, ayam, kambing
d. kambing, belalang, ikan
10.
Kelainan
akibat tulang punggung membungkuk kebelakang disebut ...
a. kifosis c.
rahitis
b. skoliosis d.
lordosis
II.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1.
Otak
manusia dilindungi oleh rangka ...
2.
Tulang
rusuk berfungsi melindungi ...
3.
Pesawat
terbang dibuat berdasarkan tiruan rangka ...
4.
Rangka
anggota gerak bawah terdiri dari tulang ...
5.
Berdasarkan
zat penyusunya tulang dibedakan menjadi tulang ... dan ...
6.
Tulang
rusuk berjumlah ...
7.
Persambungan
tulang yang tidak dapat digerakan terdapat pada ...
8.
Sisik
dan sirip ikan merupakan rangka ...
ikan.
9.
Ikan
berenang meliukan badanya kearah yang dituju dengan bantuan ...
10.
Kelainan
tulang akibat tulang punggung terlalu bongkok kedepan disebut...
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
dibawah ini dengan jelas dan benar !
1.
Secara
garis besar rangka manusia dapat dikelompokan menjadi 3 bagian sebutkan !
Jawab _____________________________________________________
2.
Sebutkan
3 macam sendi yang dapat digerakan !
Jawab _____________________________________________________
3.
Sebutksn
tiga macam kegunaan rangka !
Jawab _____________________________________________________
4.
Sebutkan
3 macam hewan yang bentuk rangkanya ditiru manusia dalam karyanya membuat
peralatan !
Jawab _____________________________________________________
5.
Sebutkan
zat-zat yang menyusun tulang.
Jawab _____________________________________________________
Mengetahui
Kepala Sekolah
SDN Pondok Bambu 14
Dra. Dwi Tyas Utami
NIP. 131 463 770
|
Jakarta,
Juli 2006
Guru mata pelajaran
Dra. Eko Lestariyanti, MPd
NIP. 131438 274
|
Post a Comment