TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT)


TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT)
Dalam team games tournaments  setiap kelompok beranggotakan  4-5 orang yang memiliki kemampuan yang setara atas dasar hasil tes minggu sebelumnya. Siswa yang berprestsi paling rendah pada tiap kelompok mempunyai peluang yang sama untuk memperoleh poin  bagi timnya  sebagai siswa berprestsi tinggi. Meskipun keanggotaan tim tetap sama, tetapi tiga orang yang mewakili tim untuk bertanding dapat berubah berdasarkan penampilan  dan prestaqsi masing-masing anggota.  Sebagai contoh, siswa yang berprestasi rendah yang sebelumnya bertanding melawan siswa yang berkemampuan setara dapat bertanding   melawan siswa yang  berprestasi lebih tinggi ketika mereka menjadi lebih mampu.. Menurut Slavin (1995:84-86) komponen-komponen dalam TGT perlu memperhatikan :
a.  Presentasi Kelas
 Dalam  presentasi kelas siswa dipwerkenalkan dengan materi pembelajaran yang
 diberikan secara langsuing oleh guru atau diduskisikan dalam kelas dengan guru
 sebagai fasilitator. Pembelajaran mengacu pada apa yang disampaikan guru agar kelak
 dapat membantu siswa dalam mengikuti team games tournaments.
b. Kelompok
    Kelompok terdiri dari empat sampai lima orang yang heterogen. Tujuan utama
    pembentukan kelompok  adalah untuk meyakinkan siswa bahwa semua anggota
    kelompok belajar dan semua anggota mempersiapkan diri untuk mengikuti turnamen 
    dengan sebaik-baiknya. Diharapkan setiap anggota kelompok melakukan hal yang 
    terbaik untuk kelompoknya.
c. Permainan (Games)
    Permainan dibuat dengan isi pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes pengetahuan
    siswa yang didapat dari presentasi kelas dan latihan kelompok berbeda. Game 
    dimainkan dengan meja berisi tiga siswa yang diwakili kelompok berbeda. Siswa
    mengambil kartu yang dan berusaha menjawab pertanyaan sesuai dengan nomor.
    Aturannya membolehkan pemain untuk menntang jawaban yang lain.
d. Kompetisi (Turnamen)
    Kompetisi merupakan bentuk permainan langsung. Umumnya diselenggarakan pada
    akhir minggu setelah guru membuat presentasi kelas dan kelompok-kelompok
    memperaktikkan tugas-tugasnya  Untuk turnamen pertama guru memberikan siswa
    permainan-permainan meja tiga siswa dengan kemampuan tertinnggi dimeja 1, 2 dan
    seterusnya. Kompetisi ini merupakan sistem penilaian kemampuan perorangan dalam
    STAD, memungkinkan bagi siswa dari semua level dipenampilan sebelumnya untuk
    mengoptimalkan nilai kelompok mereka yang ter baik.
    Alur penempatan peseta turnamen menurut Slavin(199:86) adalah sebagai berikut.










Tidak ada komentar