TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT)
TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT)
Dalam team games tournaments
setiap kelompok beranggotakan 4-5
orang yang memiliki kemampuan yang setara atas dasar hasil tes minggu
sebelumnya. Siswa yang berprestsi paling rendah pada tiap kelompok mempunyai
peluang yang sama untuk memperoleh poin
bagi timnya sebagai siswa
berprestsi tinggi. Meskipun
keanggotaan tim tetap sama, tetapi tiga orang yang mewakili tim untuk
bertanding dapat berubah berdasarkan penampilan
dan prestaqsi masing-masing anggota.
Sebagai contoh, siswa yang berprestasi rendah yang sebelumnya bertanding
melawan siswa yang berkemampuan setara dapat bertanding melawan
siswa yang berprestasi lebih tinggi
ketika mereka menjadi lebih mampu.. Menurut Slavin (1995:84-86) komponen-komponen
dalam TGT perlu memperhatikan :
a. Presentasi
Kelas
Dalam presentasi kelas siswa dipwerkenalkan dengan
materi pembelajaran yang
diberikan
secara langsuing oleh guru atau diduskisikan dalam kelas dengan guru
sebagai
fasilitator. Pembelajaran mengacu pada apa yang disampaikan guru agar kelak
dapat membantu siswa dalam mengikuti
team games tournaments.
b. Kelompok
Kelompok terdiri dari empat sampai lima orang
yang heterogen. Tujuan utama
pembentukan kelompok adalah untuk meyakinkan siswa bahwa semua
anggota
kelompok belajar dan semua anggota
mempersiapkan diri untuk mengikuti turnamen
dengan sebaik-baiknya. Diharapkan
setiap anggota kelompok melakukan hal yang
terbaik untuk kelompoknya.
c. Permainan (Games)
Permainan dibuat dengan isi
pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes pengetahuan
siswa yang didapat dari
presentasi kelas dan latihan kelompok berbeda. Game
dimainkan dengan meja berisi tiga
siswa yang diwakili kelompok berbeda. Siswa
mengambil kartu yang dan berusaha
menjawab pertanyaan sesuai dengan nomor.
Aturannya membolehkan pemain
untuk menntang jawaban yang lain.
d. Kompetisi (Turnamen)
Kompetisi merupakan bentuk
permainan langsung. Umumnya diselenggarakan pada
akhir minggu setelah guru membuat
presentasi kelas dan kelompok-kelompok
memperaktikkan
tugas-tugasnya Untuk turnamen pertama
guru memberikan siswa
permainan-permainan meja tiga
siswa dengan kemampuan tertinnggi dimeja 1, 2 dan
seterusnya. Kompetisi ini
merupakan sistem penilaian kemampuan perorangan dalam
STAD, memungkinkan bagi siswa
dari semua level dipenampilan sebelumnya untuk
mengoptimalkan nilai kelompok mereka
yang ter baik.
Alur penempatan peseta turnamen
menurut Slavin(199:86) adalah sebagai berikut.
Post a Comment