RPP PAI SD Lanjutan
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
A.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
·
Mengisi
rubrik tentang sikap kasih sayang
·
Menceritakan
isi gambar tentang bentuk kasih sayang terhadap sesama
Observasi
-
menceritakan
isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
-
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor perolehan
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
Tes
·
Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap kasih sayang
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam
kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 = Baik
2 =
Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 -
6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan
penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Kepala SD.....
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP. ........................................
|
Post a Comment