RPP PAI SD Lanjutan

3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

A.      Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang sikap kasih sayang
·      Menceritakan isi gambar tentang bentuk kasih sayang terhadap sesama

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
-       menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
-       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
3
4
5








































































Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa

Skor penilaian :
Skor perolehan
Nilai   =              x  100
Skor Maksimal                               
Kriteria Nilai
A  =   80 – 100   :    Baik Sekali 
B  =   70 – 79     :    Baik
C  =   60 – 69     :    Cukup
D  =   ‹60           :    Kurang

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap kasih sayang

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                3 =  Baik
  2 =  Sedang                       1 =  Kurang baik
Rentang Skor   =  Skor Maksimal – Skor Minimal
              =  16 - 4
              =  12/4
              =  3
MK        =   14 - 16
MB         =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT          =   4 -   6

Keterangan:         
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB    :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK    :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.



Mengetahui,
Kepala SD.....




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI




.................................................
NIP. ........................................


Tidak ada komentar